Umdatul Ahkam Kitab Zakat

KITAB ZAKAT DARI UMDATUL AHKAM
KARYA
SYAIKH ABDULGHANI ALMAQDISI

PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA

PENERBIT ALMUBARAK


KITAB ZAKAT

١٦٦- عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما قال:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لمعاذ بن جبل حين بعثه إلى اليمن: «إنك ستأتي قوما أهل كتاب، فإذا جئتهم فادعهم إلى أن يشهدوا أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله. فإن هم أطاعوا لك بذلك فأخبرهم أن الله قد فرض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة. فإن هم أطاعوا لك بذلك فأخبرهم أن الله قد فرض عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم، فترد على فقرائهم. فإن هم أطاعوا لك بذلك فإياك وكرائم أموالهم. واتق دعوة المظلوم، فإنه ليس بينها وبين الله حجاب». رواه البخاري ومسلم.
Dari Abdullah Bin Abbas Radiyallahu’anhuma: Nabi Shalallahu’alaihi wasalam kepada Mu’adz Bin Jabal ketika mengutusnya ke Yaman: “Sesungguhnya engkau akan mendatangi Ahlul Kitab, serulah mereka untuk bersyahadat  Alla Ilaha Illallah dan Muhammad Adalah UtusanNya, jika mereka tha’at kepadamu maka kabarkanlah bahwa Allah mewajibkan atas mereka shalat yang lima, jika mereka tha’at kepadamu sesungguhnya Allah mewajibkan zakat atas mereka yang diambil dari orang kaya dan disalurkan kepada orang miskin diantara mereka, jika mereka sudah tha’at kepadamu hati- hatilah dari harta kesayangan / pilihan mereka, takutlah dari do’a orang yang di dhalimi, karena do’anya tidak terhalang untuk sampai kepada Allah Ta’ala”.HR. Al Jama’ah
١٦٧- عن أبي سعيد الخدري رَضِيَ اللهُ عَنْه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ليس فيما دون خمس أواق صدقة، ولا فيما دون خمسة أوسق صدقة». رواه البخاري ومسلم.

Artinya:  Dari Abi Sa’id Al Khudri Radiyallahu’anhu : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Hasil panen yang kurang dari lima wasak tidak wajib dikeluarkan zakatnya, Onta yang kurang dari lima tidak wajib dizakati dan hasil panen yang kurang dari 5 wasak tidak wajib dizakati”.HR. Al Jama’ah.
Ket: 5 wasak = 300 sha’

١٦٨- عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ليس على المسلم في عبده ولا فرسه صدقة». رواه البخاري ومسلم.
وفي لفظ: «إلا زكاة الفطر في الرقيق». رواه أبو داود ومسلم.
Artinya: Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu : Sesungguhnya RasulallahShalallahu’alihi wasalam bersabda : “Seorang muslim tidak wajib mengeluarkan zakat atas hamba dan kuda yang dimilikinya”. Dalam lafadz lain : ”Kecuali zakat Fitr maka harus
dikeluarkan hamba sahaya yang dimilikinya”. HR. Al Jama’ah
١٦٩- عن أبي هريرة رضي الله عنه، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «العجماء جبار، والبئر جبار، والمعدن جبار، وفي الركاز الخمس». رواه البخاري ومسلم.
الجبار: الهدر الذي لا شيئ فيه. والعجماء: الدابة البهيم.

Artinya: Dari Abi Hurairah Radiyallahu’anhu : Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wasalam pernah bersabda : Binatang ternak bebas jaminan, sumur bebas jaminan, tempat pertambanganbebas jaminan dan harta karun harus dikeluarka zakat seperlimanya”.

١٧٠- عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: بعث رسول الله صلى الله عليه وسلم عمر على الصدقة، فقيل: منع ابن جميل، وخالد بن الوليد، والعباس عم النبي صلى الله عليه وسلم. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ما ينقم ابن جميل إلا أن كان فقيرا فأغناه الله تعالى. وأما خالد فإنكم تظلمون خالدا، فقد احتبس أدراعه وأعتاده في سبيل الله. وأما العباس فهي على ومثلها».
ثم قال: «يا عمر، أما علمت أن عم الرجل صنو أبيه؟». رواه البخاري ومسلم.
Artinya: Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhuberkata : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam mengutus Umar mengambil zakat, maka disampaikan kepada Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam Ibnu Jamil Khalid Bin Al Walid dan Al Abbas paman Nabi Shalallahu’alaihi wasalam : “Ibnu Jamil tidak maumembayar zakat karena dulu miskin kemudian Allah menjadikannya kaya, adapun Khalid kalian telah mendholiminya sesungguhnya baju dan alat-alat perangnya telah tertahan di jalan Allah, adapun Al Abbas aku yang menanggungnya”. Kemudian beliau bersabda : “Wahai Umar bukankah engkau tahu bahwa paman seseorang adalah saudara kandung bapaknya”. HR. Muslim.

١٧١- عن عبدالله بن زيد بن عاصم المازني رضي الله عنه قال: لما أفاء الله على نبيه صلى الله عليه وسلم يوم حنين، قسم في الناس وفي المؤلفة قلوبهم، ولم يعط الأنصار شيئا، فكأنهم وجدوا في أنفسهم، إذ لم يصبهم ما أصاب الناس، فخطبهم، فقال: «يا معشر الأنصار، ألم أجدكم ضلالا فهداكم الله بي؟ وكنتم متفرقين فألفكم الله بي؟ وعالة فأغناكم الله بي؟ ». كلما قال شيئا، قالوا: الله ورسوله أمن.
قال: «ما يمنعكم أن تجيبوا رسول الله صلى الله عليه وسلم؟ » قالوا: الله ورسوله أمن. قال: «لوشئتم لقلتم: جئتنا كذا وكذا، ألا ترضون أن يذهب الناس بالشاة والبعير، وتذهبون بالنبي إلى رحالكم؟ لولا الهجرة لكنت امرأ من الأنصار، ولو سلك الناس واديا وشعبا، لسلكت وادي الأنصار وشعبها. الأنصار شعار، والناس دثار. إنكم ستلقون بعدي أثرة، فاصبروا حتى تلقوني على الحوض». رواه البخاري ومسلم.
171. Dari Abdullah Bin Zaid Bin Ashim Al Mazini Radiyallahu’anhu : Ketika Allah memberikan kemenagan kepada nabinya pada perang Khaibar, Beliau memberikan harta rampasan kepada manusia dan orang-orang yang sedang dijinakkan hatinya, tapi beliau tidak memberi Anshar sedikitpun hinga mereka merasa punya ganjalan dihati karena tidak mendapat bagian seperti halnya orang-orang lain. Maka Nabi punberkhotbah dan bersabda : “Wahai orang-orang Anshar bukankah aku temukan dalam keadaan sesat kemudian Allah beri hidayah kalian dengan sebabku ? bukankah kalian dulu berpecah-belah kemudian Allah persatukan kalian dengan sebab aku ? dan dulu kalian miskin kemudian Allah jadikan kalian kaya karena sebab aku? , setiap kali Rasulallah berucap mereka menjawabnya dengan : “Allah dan Rasul Nya banyak memberikan keutamaan kepada kami”. Kemudian Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Apa yang menghalangi kalian menjawabRasulallah Shalallahu’alaihi wasalam. Mereka berkata : “Allah dan Rasul Nya yang memberi keutamaan. Rasulallah bersabda lagi : “Kalau kalian mau ucapkanlah ini dan itu, apakah kalian tidak ridha manusia pulang dengan Kambing dan Onta, dan kalian pulang dengan Nabi ? kalulah tidak karena hijrah niscaya aku akan menempuh bukit lembahnya Anshar. Anshar adalah baju dalam dan manusia adalah baju luar, engkau akan menjumpai sepeniggalku nanti perbuatan dhalim ( dari raja ), sabarla hingga kalian bertemuku ditelaga”. Muttafaqun’alaih.




١- باب صدقة الفطر

١٧٢- عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال: فرض النبي صلى الله عليه وسلم صدقة الفطر -أو قال: رمضان- على الذكر والأنثى، والحر والمملوك: صاعا من تمر، أو صاعا من شعير.
قال: فعدل الناس به نصف صاع من بر على الصغير والكبير. رواه البخاري ومسلم.
172. Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhu : Nabi Shalallahu’alaihi wasalam telah mewajibkan Zakat Fitrah atau zakat di bulan Ramadhan atas pria atau wanita, yang merdeka ataupun hamba sahaya dengan 1 sha’ Kurma atau Gandum. Kemudian manusia mengeluarkan 1/2 sha’ gandumyang bagus (bur ) atas orang sudah besar atau yang masih kecil.
Beliau berkata: Kemudian orang-orang berpaling menjadi setengah sho’ bur (gandum bagus) atas yang masih kecil atau yang sudah besar.Riwyat bikhori Muslim

١٧٣- عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: كنا نعطيها في زمان النبي صلى الله عليه وسلم: صاعا من طعام، أو صاعا من تمر، أو صاعا من شعير، أو صاعا من أقط، أو صاعا من زبيب، فلما جاء معاوية، وجاءت السمراء قال: أرى مدا من هذه يعدل مدين.
قال أبو سعيد: أما أنا فلا أزال أخرجه كما كنت أخرجه على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم. رواه البخاري ومسلم.
173. Dari Abi Said Al Khudri Radiyallahu’anhu :Aku mengeluarkan zakat pada jaman Nabi Shalallahu’alaihi wasalam dengan 1 sha’ makanan atau 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum atau 1 sha’ Aqit ( susu yang dikeringkan )atau 1 sha’ anggur kering. Ketika datang Muawiyah dan datang pula Samra ( sejenis gandum) aku berpendapat 1mud samra sama dengan 2 mud yang lainnya, Abu Said berkata ;”Adapun aku tetap mengeluarkan seperti pada jaman Rasulallah Shalallahu’aalaihi wasalam”. HR. Al Jama’ah.