KITAB PUASA DARI UMDATUL AHKAM
KARYA
SYAIKH ABDULGHANI ALMAQDISI
PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA
PENERBIT ALMUBARAK
كتاب الصيام
KARYA
SYAIKH ABDULGHANI ALMAQDISI
PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA
PENERBIT ALMUBARAK
كتاب الصيام
Kitab Puasa
١٨٣-
عن أبي
هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «لا تقدموا رمضان
بصوم يوم أويومين، إلا رجل كان يصوم صوما، فليصمه». رواه البخاري ومسلم.
Dari Abu Hurairah
Radiyallahu’anhu : Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalam pernah bersabda : “Janganlah kalian puasa mendahului
bulan Ramadhan sehari atau dua hari, kecuali seseorang yang biasa puasa sunnah
maka lakukanlah puasa sunnahnya”. HR. Al Jama’ah.
KETERANGAN:
1. PENGERTIAN PUASA
Puasa secara bahasa artinya menahan diri.
Puasa dalam istilah syari: Menahan diri dari pembatal puasa sejak terbit fajar kedua (waktu shbuh) sampai terbenam matahari dengan niat beribadah kepada Allah.
2. AMALAN SEBELUM MASUK BULAN RAMADHAN
Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan sebelum masuk bulan ramadhan:
menghitung bulan syaban
mangqadha puasa tahun lalu
3. FAEDAH HADITS:
beberapa faedah hadits:
KETERANGAN:
1. PENGERTIAN PUASA
Puasa secara bahasa artinya menahan diri.
Puasa dalam istilah syari: Menahan diri dari pembatal puasa sejak terbit fajar kedua (waktu shbuh) sampai terbenam matahari dengan niat beribadah kepada Allah.
2. AMALAN SEBELUM MASUK BULAN RAMADHAN
Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan sebelum masuk bulan ramadhan:
menghitung bulan syaban
mangqadha puasa tahun lalu
3. FAEDAH HADITS:
beberapa faedah hadits:
١٨٤- عن عبدالله بن عمر رضي الله عنهما
قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «إذا رأيتموه فصوموا، وإذا
رأيتموه فأفطروا، فإن غم عليكم فاقدروا له». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhu : Aku mendengar Rasulallahu Shalallahu’alaihi
wasalam bersabda : “Jika kalian melihatnya ( yakni hilal bulan Ramadhan )
puasalah, jika melihatnya ( hilal bulan Syawal )berbukalah kalian, dan jika
kalian tertutup mendung hitunglah( yakni sempurnakan bulan Sya’ban 30 hari )”.
Muttafaqun’alaih
١٨٥-
عن أنس بن
مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «تسحروا، فإن في
السحور بركة». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Anas Bin Malik Radiyalallahu’anhu :
Rasulallahu Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Sahurlah karena sahur adalah barakah”.
١٨٦-
عن أنس بن
مالك، عن زيد بن ثابت رضي الله عنهما قال: تسحرنا مع رسول الله صلى الله
عليه وسلم، ثم قام إلى الصلاة.
قال أنس: قلت لزيد: كم كان بين الأذان والسحور؟
قال: قدر خمسين آية. رواه البخاري ومسلم.
Dari
Anas Bin Malik Radiyallahu’anhu dari Zaid Bin Tsabit Radiyallahu’anhu : Kami
pernah makan sahur bersama Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam, ( kemudian
Anas berkata ) : Aku bertanya kepada Zaid : “Berapa selang waktu antara adzan
dan sahur ? Zaid menjawab 50 ayat”. Muttafaqun’alaih
١٨٧-
أن عائشة وأم سلمة رضي الله
عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يدركه الفجر وهو جنب من أهله، ثم يغتسل
ويصوم. رواه البخاري ومسلم.
Dari Aisyah Ummu Salamah
Radiyallahu’anhuma : Sesungguhnya Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam masuk
waktu shubuh dalam keadaan junub dari jima’ , kemudian mandi dan puasa”.
Muttafaqun’alaih
١٨٨-
عن أبي
هريرة رضي الله عنه، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «من نسي وهو صائم، فأكل
أو شرب فليتم صومه، فإنما أطعمه الله وسقاه». رواه البخاري ومسلم.
.
Dari Abi Hurairah Radiyallahu’anhu bahwa Nabi bersabda: “Barang siapa yang lupa
ketika berpuasa hingga makan dan minum, sempurnakanlah puasanya .Karena
Allah lah yang memberinya makan dan minum “. (HR Al-jama’ah
kecuali Nasai)
١٨٩- عن أبي
هريرة رضي الله عنه قال: بينما نحن جلوس عند النبي صلى الله عليه وسلم، إذ جاءه
رجل فقال: يا رسول الله، هلكت. فقال: «ما أهلكك أو ما لك؟». قال: وقعت على
امرأتي وأنا صائم.
وفي رواية: أصبت أهلي في رمضان -. فقال رسول
الله صلى الله عليه وسلم: «هل تجد رقبة تعتقها؟». قال: لا. قال: «فهل
تستطيع أن تصوم شهرين متتابعين؟». قال: لا. فقال: «فهل تجد إطعام ستين
مسكينا؟». قال: لا. قال: فسكت النبي صلى الله عليه وسلم، فبينما نحن على ذلك
إذ أتي النبي صلى الله عليه وسلم بعرق فيه تمر – والعرق: المكتل -، قال: «أين
السائل؟». فقال: أنا. قال: «خذ هذا فتصدق به». فقال: أعلى أفقر مني يا
رسول الله؟ فوالله ما بين لابتيها - يريد الحرتين - أهل بيت أفقر من أهل بيتي.
فضحك النبي صلى الله عليه وسلم حتى بدت أنيابه،
ثم قال: «أطعمه أهلك». رواه البخاري ومسلم.
الحرة: الأرض، تركبها حجارة سود.
Dari
Abi Hurairah Radiyallahuanhu Ketika
duduk-duduk disisi Nabi , tiba-tiba
datanglah seseorang seraya berkata : “Ya rasullah akutelah binasa, Rasulallah
berkata : “Ada
apa gerangan Lelaki itu menjawab : “Aku
menjimai istriku ketika aku dalam keadaan berpuasa “, dalam satu riwayat : “Aku
menjimai istriku dibulan Ramadlan “. Rasullah bersabda : “ Apa kamu mempunyai harta untuk
memerdakakan seorang budak ?”, diapun
menjawab :”tidak”. Rasulallah bersabda
:”Apakah engkau mampu berpuasa dua bulan berturut-turut ?”, dia menjawab : “tidak “. Rasullah berkata :”Apakah engkau mampu
memberi makan 60 orang miskin ?”, Dia
menjawab : “tidak”. Maka Nabi pun terdiam, ketika kami dalam demikian datanglah Nabi Shalallahu’alaihiwasalam
dengan membawa satu wadah kormadanseraya berkata : “Dimana si penanya?”.
Penanya tersebut berkata : “Saya”. Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam
bersabda : “Ambil ini ! kemudian bershadaqahlah ! “. Dia berkata : “Apakah ini
diberiakan kepada orang yang paling faqir dariku ya Rasulallah ? tidak ada
diantara dua Hurrah ini yang lebih faqir dari keluargaku”. Nabi pun bersabda
hingga terlihat gigi serinya : “Berikanlah kepada keluargamu”.HR. Al Jama’ah
٣٣ - باب الصوم في
السفر وغيره
١٩٠-
عن
عائشة رضي
الله عنها: أن حمزة بن عمرو الأسلمس قال للنبي صلى الله عليه وسلم: أأصوم في
السفر؟ - وكان كثير الصيام -. قال: «إن شئت فصم، وإن شئت فأفطر». رواه
البخاري ومسلم.
Dari
Aisyah Radiyallahu’anha : Bahwa Hamzah Bin Amr Al Aslami berkata kepada
Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam : “Apakah boleh aku puasa ketika safar
(dia memang sering puasa)”Rasulallah pun menjawab : “Jika engkau mau puasalah
dan jika tidak maka berbukalah”. HR. Al Jama’ah.
١٩١-
عن أنس بن
مالك رضي الله عنه قال: كنا نسافر مع رسول الله صلى الله عليه وسلم، فلم يعب
الصائم على المفطر، ولا المفطر على الصائم. رواه البخاري ومسلم.
Dari
Anas Bin Malik Radiyallahu’anhu : Kami pernah melakukan safar bersama Nabi
Shalallahu’alaihi wasalam, orang yang puasa tidak mencela yang berbuka, dan
yang berbuka pun tidak mencela yang berpuasa.
١٩٢-
عن أبي
الدرداء رضي الله عنه قال: خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في شهر رمضان في
حر شديد، حتى إن كان أحدنا ليضع يده على رأسه من شدة الحر، وما فينا صائم إلا رسول
الله صلى الله عليه وسلم، وعبدالله بن رواحة. رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abu Darda Radiyallahu’anhu : Kami pernah berjalan bersama Nabi
Shalallahu’alaihi wasalamdi bulan Ramadhan, ketika hari panas hingga salah
seorang diantara kami meletakkan tangannya dikepalanya karena panas, dan
diantara kami tidak ada yang berpuasa kecuali Rasulallah Shalallahu’alaihi
wasalam dan Abdullah Bin Rawahah. HR. Muslim.
١٩٣-
عن جابر بن
عبدالله رضي الله عنه قال:كان رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر، فرأى زحاما، ورجلا
قد ظلل عليه، فقال: «ما هذا؟ ». قالوا: صائم. قال: «ليس من البر الصيام
في السفر». رواه البخاري ومسلم.
وفي لفظ لمسلم: «عليكم برخصة الله الذي رخص
لكم».
Dari
Jabir Bin Abdullah Radiyallahu’anhu berkata : ketika Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalamdalam beliau melihat kerumunan manusia yang
mengerumuni seseorang yang kehausan, beliau bertanya: “Kenapa dia ? ”. Para sahabat menjawab : “Dia dalam keadaan puasa”. Maka
Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Puasa dalam safar tidaklah
baik”. Dalam lafadz Muslim : “Hendaklah kalian mengambil rukhsah yang Allah
berika atas kalian”.\
١٩٤-
عن أنس بن
مالك رضي الله عنه قال: كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر، فمنا الصائم،
ومنا المفطر. قال: فَنَزَلْنا مَنْزِلاً في يوم حار، وأكثرنا ظلا صاحب الكساء، فمنا
من يتقي الشمس بيده.
قال: فسقط الصوم، وقام المفطرون، فضربوا
الأبنية، وسقوا الركاب، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ذهب المفطرون
اليوم بالأجر». رواه البخاري ومسلم.
١٩٥-
عن
عائشة رضي
الله عنها قالت: كان يكون على الصوم من رمضان، فما أستطيع أن أقضي إلا في شعبان.
رواه البخاري ومسلم.
Dari
Aisyah Radiyallahu’anha : Aku punya hutang puasa bulan Ramadhan, dan tidak bisa
mengqodhonya kecuali dibulan Sya’ban”. HR. Al Jama’ah.
١٩٦-
عن عائشة
رضي الله عنها ؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «من مات وعليه صيام صام
عنه وليه». رواه البخاري ومسلم.
وأخرجه أبو داود، وقال: هذا في النذر
خاصة، وهو قول أحمد بن حنبل.
Dari Aisyah Radiyallahu’anha
: Rasulallahu Shalallahu’alaihi wasalam pernah bersabda : “Barangsiapa yang
mati dalam keadaan puasa, maka walinya memuasakan untuk mayit”. Dan
diriwayatkan dalam riwayat Abu Daud, kemudian dia berkata: “Ini khusus puasa
nadzar “, demikianlah pendapat Ahmad Bin Hambal.
١٩٧-
عن عبد
الله بن عباس رضي الله عنهما قال: جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: يا
رسول الله، إن أمي ماتت وعليها صوم شهر، أفأقضيه عنها؟ قال: «لو كان على أمك
دين، أكنت قاضيه عنها؟». قال: نعم.
قال: «فدين الله أحق أن يقضى». رواه البخاري ومسلم.
وفي رواية: جاءت امرأة إلى النبي صلى الله
عليه وسلم، فقالت: يا رسول الله، إن أمي ماتت وعليها صوم نذر، أفأصوم عنها؟ قال:
«أفرأيت لو كان على أمك دين فقضيته، أكان يؤدي ذلك عنها؟». قالت: نعم. قال: «فصومي عن أمك». رواه
مسلم.
Dari Abdullah Bin Abbas
Radiyallahu’anhuma : Datang seorang laki-laki kepada Nabi Shalallahu’alaihi
wasalam seraya berkata : “Ya Rasulallah sesungguhnya ibuku wafat dan dia punya
hutang puasa satu bulan”. Maka Rasulallah menjawab : “Kalau ibumu punya hutang
apakah engkau akan membayarnya ?”. Dia menjawab : “Ya”. Maka Rasulallah
bersabda : ”Hutang kepada Allah lebih harus lagi untuk dibayar”. Dalam satu
riwayat, datang seorang wanita kepada Nabi Shalallahu’alaihi wasalam seraya
berkata : “Ya Rasulallah sesungguhnya ibuku wafat dan dia punya nadzar untuk
puasa, apakah aku harus puasa untuk membayarnya ?”. Maka Rasulallah bersabda :
“Bagaimana kalau ibumu punya hutang apakah engkau akan membayarnya ?”.Dia
menjawab : ”Ya”. M aka Rasulallah menjawab : “Puasalah untuk membayar hutang ibumu”.
HR. Al Jama’ah kecuali Ahmad.
١٩٨-
عن سهل بن
سعد الساعدي رضي الله عنه؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «لا يزال
الناس بخير ما عجلوا الفطر». رواه البخاري ومسلم.
«وأخروا السحور». رواه أحمد.
Dari Sahl Bin Sa’ad As
Sa’idi Radiyallahu’anhu : Bahwa Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam pernah
bersabda : “Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa
dan mengakhirkan sahur”. HR. Al Jama’ah kecuali Ahmad.
١٩٩- عن عمر بن
الخطاب رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «إذا أقبل الليل
من ههنا، وأدبر النهار من ههنا، فقد أفطر الصائم». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Umar Bin Khattab Radiyallahu’anhu : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam
bersabda : “Jika malam telah datang dari sini dan siang telah pergi dari sini
maka orang yang telah berbuka”. Muttafaqun’alaih
٢٠٠-
عن عبدالله
بن عمر رضي الله عنهما قال: نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الوصال، قالوا:
إنك تواصل. قال: «إني لست مثلكم؛ إني
أطعم وأسقى». رواه البخاري ومسلم.
رواه أبو هريرة، وعائشة، وأنس بن مالك.
Dari
Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhu berkata : Rasulallah Sahalallahu’alaihi
wasalam melarang Wishal, mereka berkata : “Engkau melakukan Wishal ya
Rasulallahu”. Beliau ersabda : ”Aku tidak kalian, aku diberikan makan minum”.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Aisyah, Anas Bin Malik Radiyallahu’anhum,
٢٠١- ولمسلم:
عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه: «فأيكم أراد أن يواصل فليواصل إلى السحر».
Dalam
riwayat Muslim dari Abu Said Al Khudri Radiyallahu’anhu : ”Barangsiapa yang
ingin melakukan Wishal lakukanlah hingga waktu sahur”.Muttafaqun’alaih.
٣٤- باب أفضل الصيام
وغيره
٢٠٢-
عن
عبدالله بن
عمرو بن العاص رضي الله عنهما قال: أخبر النبي صلى الله عليه وسلم أني أقول: والله
لأصومن النهار، ولأقومن الليل ما عشت، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «أنت
الذي قلت ذلك؟ ». فقلت له: قد قلته بأبي أنت وأمي .
قال: «فإنك لا تستطيع ذلك، فصم وأفطر، ونم
وقم، وصم من الشهر ثلاثة أيام، فإن الحسنة بعشر أمثالها، وذلك مثل صيام الدهر».
قلت: فإني أطيق أفضل من ذلك.
قال: «فصم يوما وأفطر يومين». قلت: فإني
أطيق أفضل من ذلك.
قال: «فصم يوما وأفطر يوما، فذلك صيام داود
عليه السلام، وهو أفضل الصيام».
فقلت: فإني أطيق أفضل من ذلك.
وفي رواية قال: «لاصوم فوق صوم داود، شطر
الدهر، صم يوما، وأفطر يوما». رواه البخاري.
وعنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم: «إن أحب الصيام إلى الله صيام داود، وأحب الصلاة إلى الله صلاة داود، كان
ينام نصف الليل، ويقوم ثلثه، وينام سدسه، وكان يصوم يوما، ويفطر يوما». رواه
البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Amr Bin ‘Ash Radiyallahu’anhu berkata : Nabi Shalallahu’alaihi
wasalam dikabari bahwa aku pernah berkata : “Demi Allah aku akan puasa di siang
hari dan shalat malam selama hidupku”. Rasulallah Shalallhu’alaihi wasalam :
“Engkau berkata demikian ?”. Aku pun berkata : ”Aku telah mengucaokannya ya
Rasulallah ?”. Maka Beliau bersabda : “Engkau tidak akan mampu melakukannya,
puasa dan berbukalah, tidur dan shalat malamlah, puasa tiga hari pada tiap
bulannya, karena kebaikkan diganjar 10 kali lipatnya”. Aku berkata : “Aku mampu
untuk mengamalkan yang lebih afdhal dari itu”.Beliau pun bersabda : “Puasalah
sehari dan bukalah sehari, karena itu adalah puasanya nabi Daud dan puasa yang
paling afdhal”. Aku berkata lagi : “Saya mampu melakukan yang lebih dari itu”.
Beliau bersabda : “Tidak ada yang lebih utama dari itu”. Dalam satu riwayat
beliau bersabda : “Tidak puasa diatas puasa Daud yang setengah jaman puasalah
sehari dan bukalah dihari berikutnya”.
Dari
Abdullah Bin Amr Bin ‘Ash Radiyallahu’anhu Rasulallahu Shalallahu’alaihi
wasalam : “Sesungguhnya puasa yang paling dicintai Allah adalah puasanya nabi
Daud, shalat yang paling dicintai Allah adalah shalatnya nabi Daud, tidur 1/2
malam, kemudian shalat 1/3 malam dan tidur lagi 1/6 malam dan puasa sehari dan
berbuka dihari berikutnya”. Muttafaqun’alaih.
٢٠٣-
عن أبي
هريرة رضي الله عنه قال: أوصاني خليلي صلى الله عليه وسلم بثلاث: صيام ثلاثة أيام
من كل شهر، وركعتي الضحى، وأن أوتر قبل أن أنام. رواه البخاري ومسلم.
.
Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu : Kekasihku memberikan wasiat kepadaku
dengan 3 wasiat, untuk puasa 3 hari tiap bulannya, untuk shalat Dhuha 2 rakaat
dan melakukan shalat Witir sebelum tidur. Muttafaqun’alaih
٢٠٤-
عن محمد بن
عباد بن جعفر قال: سألت جابر بن عبدالله: أنهى النبي صلى الله عليه وسلم عن صوم
يوم الجمعة؟ قال: نعم.
وزاد مسلم: «ورب
الكعبة»
رواه البخاري ومسلم.
Dari
Muhammad Bin Ja’farBin ‘AbbadRadiyallahu’anhu :Aku pernah bertanya kepada Jabir
Bin Abdullah : “Apakah Nabi Shalallahu’alaihi wasalam melarang puasa di hari
Jum’at ?”. Beliau menjawab : “Ya”. Dalam riwayat Muslim adatambahan lafadz :
“Demi Rabb Ka’bah”.
٢٠٥-
عن أبي
هريرة رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «لا يصمن
أحدكم يوم الجمعة، إلا أن يصوم يوما قبله، أو يوما بعده». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abu Hurairah Radiyallahu’anhu : Aku pernah mendengar Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalm bersabda : ”Janganlah salah seorang kalian puasa dihari
Jum’at, kecuali telah melakukan puasa dihari sebelumnya atau akan puasa dihari
berikutnya”. HR. Al Jama’ah kecuali Nasa’i
٢٠٦-
عن
أبى عبيد
مولى ابن أزهر - واسمه سعد بن عبيد - قال: شهدت العيد مع عمر بن الخطاب رضي الله
عنه، فقال: هذان يومان نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صيامهما: يوم فطركم من
صيامكم، واليوم الآخر الذي تأكلون فيه من نسككم. رواه البخاري ومسلم.
. Dar Abu Ubaidah Maula
Zahrah namanya Sahd Bin ‘Ubaid : Aku pernah merayakan Ied bersama Umar Bin Al
Khattab Radiyallahu’anhu Maka beliau berkata
: “Rasulallah melarang melakukan puasa di dua hari ini (yakni Ied), menjadikan
hari berbuka kalian dari hari puasa, dan hari-hari yang kalian gunakan untuk
memakan binatang-binatang qurban kalian”.
٢٠٧-
عن أبي
سعيد الخدري رضي الله عنه قال: نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صوم يومين:
النحر، والفطر، وعن اشتمال الصماء، وأن يحتبي الرجل في الثوب الواحد، وعن الصلاة
بعد الصبح والعصر.
أخرجه مسلم بتمامه، وأخرج البخاري الصوم فقط.
رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abu Said Al Khudri Radiyallahu’anhu : Rasulallahu Shalallahu’alaihi wasalam
melarangpuasa dihari raya Qurban dan Idul Fitri, dan melarang menyelimuti
pakain keseluruh tubuh, melarang seorang pria berihtiba dengan 1 pakain,
jugamelarang melakukan shalat setelah Subuh dan Ashar. HR Muslim diriwayatkan pula Bukhari tapi masalah
puasa saja.
٢٠٨-
عن أبي
سعيد الخدري رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من صام يوما
في سبيل الله بعد الله وجهه عن النار سبعين خريفا». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abu Said Al Khudri Radiyallahu’anhu RasulallahShalallhu’alaihi wasalam pernah
bersabda : “Barangsiapa puasa 1 hari dijalan Allah, maka Allah akan menjauhkan
dia dari api neraka sejauh 70 Khorif”.
٣٥- باب ليلة القدر
٢٠٩- عن عبد
الله بن عمر رضي الله عنهما: أن رجالا من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم أروا
ليلة القدر في المنام في السبع الأواخر، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «أرى
رؤياكم قد تواطأت في السبع الأواخر، فمن كان منكم متحريها فليتحرها في السبع
الأواخر». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhu : Seorang sahabat Nabi Shalallahu’alahi
wasalam pernah melihat lailatul Qadar didalam mimpinya ditujuh hari terakhir
bulan Ramadhan, maka Rasulallahu Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Aku
lihat Lailatul Qadar sesuai dengan mimpi kalian yakni ditujuh hari terakhir,
barangsiapa diantara kalian ingin mencarinya, carilah ditujuh hari terakhir”.
Muttafaqun’alaih.
٢١٠-
عن عائشة
رضي الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «تحروا ليلة القدر في
الوتر من العشر الأواخر». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Aisyah Radiyallahu’anha : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam pernah bersabda
: “Carilah lailatul Qadar dihari yang ganjil pada 10 hari terakhir”. HR.
Bukhari
٢١١-
عن أبي
سعيد الخدري رضي الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعتكف في العشر
الأوسط من رمضان، فاعتكف عاما، حتى إذا كانت ليلة إحدى وعشرين - وهي الليلة التي
يخرج من صبيحتها من اعتكافه - قال: «من اعتكف معي فليعتكف في العشر الأواخر،
وقد أريت هذه الليلة ثم أنسيتها، وقد رأيتني أسجد في ماء وطين من صبيحتها،
فالتمسوها في العشر الأواخر، والتمسوها في كل وتر».
فمطرت السماء تلك الليلة، وكان المسجد على
عريش، فوكف المسجد، فأبصرت عيناي رسول الله صلى الله عليه وسلم وعلى جبهته أثر
الماء والطين من صبح إحدى وعشرين. رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abi Said Al Khudri Radiyallahu’anhu : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam
pernah melakukan ‘Itikaf disepuluh hari pertengahan bulan Ramadhan, kemudian
pada satu tahun kemudian dia ‘Itikaf dan ketika malam ke 21 yakni ketika keluar
disubuh harinya beliau bersabda : “Barangsiapa yang mau ‘Itikaf ‘Itikaflah di 10 hari terakhir, karena aku
telah melihat malam ini atau aku dilupakannya, sungguh aku telah mimpi sujud di
air..... di subuh harinya, carilah di 10
hari terakhir, carilah dimalam-malam ganjil”. Hujan pun turun dari langit di
malam tersebut, masjid terbuat diatas Arsy. Hujan pun turun dari atas atap, aku
melihat dua mata Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam, diwajahnya ada bekas air
dan tanah ketika waktu subuh ke 21”. HR. Al Jama’ah kecuali Ahmad dan Nasa’i.
٣٦ - باب الإعتكاف
٢١٢-
عن عائشة
رضي الله عنها: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعتكف في العشر الأواخر من
رمضان، حتى توفاه الله تعالى، ثم اعتكف أزواجه بعده. رواه البخاري ومسلم.
وفي لفظ: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم
يعتكف في كل رمضان، فإذا صلى الغداة جاء مكانه الذي اعتكف فيه.
وعن عائشة رضي الله عنها: أنها
كانت ترجل النبي صلى الله عليه وسلم وهي حائض، وهو معتكف في المسجد، وهي في
حجرتها، يناولها رأسه. رواه البخاري ومسلم.
وفي رواية: وكان لا يدخل البيت إلا لحاجة
الإنسان. رواه مسلم.
وفي رواية: أن عائشة قالت: إني كنت لأدخل
البيت للحاجة والمريض فيه، فما أسأل عنه إلا وأنا مارة. رواه مسلم.
Dari
Aisyah Radiyallahu’anha : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam ‘Itikaf
disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga wafat. Setelah itu istri-istrinya
pun ber’itikaf. Dalam satu lafadz : “Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam
melakukan ‘Itikaf disetiap bulan Ramadhan jika selesai shalat subuh beliau
mendatangi tempatnya ‘Itikaf”. HR. Al Jama’ah kecuali Ibnu Majah dan Tirmidzi.
.
Dari Aisyah Radiyallahu’anha beliau pernah menyisir Nabi ketika haid dalam
keadaan Nabi berada tempat ‘Itikafnya dan dia dikamarnya. Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalam menyodorkan kepalanya kepada Aisyah. Dalam stu
riwayat : Beliau tidak masuk rumah kecuali untuk satu kebutuhan manusia. Dalam
riwayat lain Aisyah berkaa : “Dulu aku tidak masuk rumah kecuali untuk satu keperluan,
ketika ada orang saki aku menengok, tidak menanyakan kecuali sambil berjalan.
HR. Al Jama’ah.
٢١٣-
عن عمر بن
الخطاب رضي الله عنه قال: قلت: يا رسول الله، إني كنت نذرت في
الجاهلية أن أعتكف ليلة - وفي رواية: يوما - في المسجد الحرام. قال: «فأوف بنذرك».
ولم يذكر بعض الرواة: «يوما»،
ولا «ليلة».
رواه
البخاري ومسلم.
Dari
Umar Bin Khattab Radiyallahu’anhu : Aku pernah berkata kepada Rasulallah :
“Wahai Rasulallah ketika jaman jahiliyyah aku bernadzar untuk ‘Itikaf selama
satu malam”.Dalam satu riwayat : “Selama satu malam di Masjidil Haram”. Mka
Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Tunaikanlah nadzarmu”.
٢١٤-
عن صفية
بنت حيي رضي الله عنها قالت: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم معتكفا في المسجد،
فأتيته أزوره ليلا، فحدثته، ثم قمت لأنقلب، فقام معي ليقلبني - وكان مسكنها في بيت
أسامة بن زيد -، فمر رجلان من الأنصار، فلما رأيا رسول الله صلى الله عليه وسلم
أسرعا في المشي، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: «على رسلكما، إنها صفية بنت
حيي. فقالا: سبحان الله يا رسول الله، فقال: إن الشيطان يجري من ابن آدم مجرى الدم،
وإني خفت أن يقذف في قلوبكما شرا - أو قال: شيئا -». رواه البخاري ومسلم.
وفي رواية: أنها جاءت تزوره في اعتكافه في
المسجد في العشر الأواخر من رمضان، فتحدثت عنده ساعة، ثم قامت تنقلب، فقام النبي
صلى الله عليه وسلم معها يقلبها، حتى إذا بلغت باب المسجد عند باب أم سلمة ...، ثم
ذكره بمعناه. رواه مسلم.
Dari Shafiyah Bin Huyai
Radiyallahu’anha : Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam pernah ber’itikaf aku
pun datang menjenguknya dimalam hari. Aku bercakap-cakap dengannya. Ketika aku
mau kembali, beliau berdiri untuk mengantarku pulang. Ketika sampai didepan
rumah Usamah Bin Zaid, lewatlah dua pemuda Anshar, ketika melihat Rasulallah
keduanya berjalan dengan cepatnya, maka Rasulallahu bersabda : “Tenaglah dia
adalah Shafiyah Bin Huyaiy”. Keduanya berkata :”Subhanallah Ya Rasulallah”.
Beliau bersabda : “Sesungguhnya Syaithan beredar dibumi adam dengan peredaran
darahnya aku khawatir akan terbetik pada hati kalian kejelekan atau perkataan
beliau lainnya”. Dalam satu riwayat :Shafiyah datang menjenguk Nabi yang sedang
‘itikaf di masjid pada sepuluh trakhir bulan Ramadhan, berbincang0bincang
dengannya beberapa saat, dan ketika dia mau kembali Nabipun berdiri untuk
mengantarnya hingga sampai pintu masjid dekat pintu Ummu Salamah, kemudian
menyebutkan maknanya. HR. Al Jama’ah kecuali Tirmidzi.