KITAB HAJI DARI UMDATUL AHKAM
KARYA
SYAIKH ABDULGHANI ALMAQDISI
PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA
PENERBIT ALMUBARAK
KITAB HAJI
KARYA
SYAIKH ABDULGHANI ALMAQDISI
PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA
PENERBIT ALMUBARAK
KITAB HAJI
٣٧ - باب المواقيت
BAB MAWAQIT
٢١٥- عن عبد الله بن عباس رضي الله
عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم وقت لأهل المدينة «ذا الحليفة»، ولأهل
الشام «الجحفة»، ولأهل نجد «قرن المنازل»، ولأهل اليمن «يلملم»، وقال: «هن لهن،
ولمن أتى عليهن من غيرأهلهن ممن أراد الحج أو العمرة، ومن كان دون ذلك فمن حيث
أنشأ، حتى أهل مكة من مكة». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Abbas Radiyallahuanhuma : Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam
menentukan miqatnya Dulhulaifah sebagai miqat penduduk Madinah, Juhfah sebagai
Miqat penduduk Syam, Qurnul Manjil miqatnya penduduk Najd, Yalamlam bagi
penduduk Yaman. Miqot tersebut berlaku untuk negeri tersebut dan orang-orang
yang melewatinya yang bukan penduduknya. Barangsiapa yang berada di daerah
miqot maka mulai ihram dari tempat tinggalnya, hingga penduduk Mekkah mulai
ihramnya dari Mekkah.”
HR. AL JAMA’ AH kecuali Tirmidzi dan Nasa’i
٢١٦- عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما:
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «يهل أهل المدينة من ذى الحليفة، وأهل
الشام من الجحفة، وأهل نجد من قرن المنازل».
قال عبدالله: وبلغني أن رسول الله
صلى الله عليه وسلم قال: «ويهل أهل اليمن من يلملم». رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhuma : Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam
bersabda : “penduduk Medinah berihlal dari Dzulhulaifah, penduduk Syam dari
Juhfah, penduduk Najd dari Qara,” Abdullah berkata : telah sampai kepadaku
bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam pernah bersabda : ”
penduduk Yaman berihlal dari Yalamlam.”
٣٨- باب ما يلبسه
المحرم من الثياب
٢١٧- عن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما: أن رجلا قال: يا رسول الله، ما يلبس المحرم من الثياب؟
قال النبي صلى الله عليه
وسلم: «لا يلبس القميص، ولا العمائم، ولا السراويلات، ولا البرانس، ولا الخفاف،
إلا أحد لا يجد نعلين فليلبس خفين، وليقطعهما أسفل من الكعبين، ولا يلبس من الثياب
شيئا مسه زعفران أو ورس». رواه البخاري ومسلم.
وللبخاري: «ولا
تنتقب المرأة، ولا تلبس القفازين».
Dari
Abdullah Bin Umar Radiyallahu’anhuma pernah seorang pria bertanya : Ya
Rasulallah apa yang harus dipakai oleh orang yang akan ihram ? Rasulallah
shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “ jangan memakai pakaian berjahit , imamah,
jirwal, baranis, dan terompah keculi yang yang tidak punya sendal, boleh
memakai terompah dengan dipotong bagian bawah mata kakinya, dan jangan memakai
pakaian yang diberi minyak wangi.” Dalam lafadh Bukhari : “ wanita jangan
memakai cadar dan jangan memakaipafazln.”
٢١٨- عن عبد الله بن عباس رضي الله
عنهما قال: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يخطب بعرفات: «من لم يجد نعلين
فليلبس الخفين، ومن لم يجد إزار فليلبس سراويل» (للمحرم). رواه البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Abbas Radiyallahu’anhuma aku mendengar Rasulallah
shalallahu’alaihi wasalam khotbah di Arafah, “ barang siapa yang tidak
menemukan sendal pakailah terompah, dan barang siapa yang tidak mempunyai
sarung pakailah sirwal.” HR. JAMA’AH
٢١٩- عن عبدالله بن عمر رضي الله عنهما:
أن تلبية رسول الله صلى الله عليه وسلم: «لبيك اللهم لبيك، لبيك لا شريك لك
لبيك، إن الحمد والنعمة لك والملك، لا شريك لك». قال: وكان عبدالله بن عمر
يزيد فيها: لبيك لبيك وسعديك، والخير بيديك، والرغباء إليك والعمل. رواه
البخاري ومسلم.
Dari
Abdullah Bin Umar sesungguhnya talbiyah Rasulallah shalallahu’alaihi wasalam :
“ Labbaika Allahumma Labaik Labbaik Laa Syarikalak Labbaik, Labbaik Innalhamda
Wani’mata Laka Walmulk Laa Syarikalak.” Dan Abdullah Bin Umar menambah dalam
talbiyahnya : “ Labbaik Wasadaik Walkhair Biyadaik Warralghba Ilaik Wal ‘Amal.”
HR. JAMA’AH kecuali Tirmidzi dan Ibnu Majah.
٢٢٠- عن أبي
هريرة رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قال: قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم: «لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر أن تسافر مسيرة يوم وليلة
إلا ومعها حرمة».
وفي لفظ للبخاري: «لا
تسافر
مسيرة يوم إلا مع ذي محرم».
رواه البخاري ومسلم.
Dri Abu Hurairah Radiyallahu’anhu Rasulallah
shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “ Tidak halal bagi wanita beriman
kepada Allah dan hari akhir, melakukan
safar 1 hari 1 malam kecuali jika disertai mahramnya.” Dalam lafadz Muslim : ”
Jangan melakukan safar perjalanan satu bulan kecuali disertai mahram.”
٣٩- باب الفدية
٢٢١- عن عبد الله بن معقل قال: جلست
إلى كعب بن عجرة، فسألته عن الفدية، فقال: نزلت في خاصة، وهي لكم عامة، حملت إلى
رسول الله صلى الله عليه وسلم والقمل يتناثر على وجهي، فقال: «ما كنت أرى الوجع
بلغ بك ما أرى - أو: ما كنت أرى الجهد بلغ منك ما أرى - أتجد شاة؟». فقلت: لا.
قال: «فصم ثلاثة أيام، أو أطعم ستة مساكين، لكل مسكين نصف صاع». رواه
البخاري ومسلم.
وفي رواية: أمره رسول الله صلى
الله عليه وسلم أن يطعم فرقا بين ستة مساكين، أو يهدي شاة، أو يصوم ثلاثة أيام. رواه
البخاري.
Abdullah
Bin Ma’qil : aku duduk bersama Ka’ab Bin ‘Ujrah, aku tanyakan kepadanya masalah
fidyah, beliau berkata : Turunya pada orang-orang khusus tapi untuk kalian
secara umum. Aku dibawa menghadap Rasulallah shalallahu’alaihi wasalam,
kutu-kutu berjatuhan diwajahku :Beliau bersabda : “ Aku tidak menyangka
penyakitmu separah ini atau aku tidak sangka penyakitmu serius apakah engkau
punya kambing ?” Aku jawab : “ Tidak, “ Beliau bersabda : “ puasa tiga hari
atau bersedekah 6 orang miskin , setiap orangnya setengah sha. Dalam satu
riwayat Rasulallah shalallahu’alaihi wasalam menyuruhnya membagikan beberapa
firaq makanan, diantaranya 6 orang miskin , atau menyembelih kambing atau puasa
tiga hari ,” MUTTAFAQUN’ALAIH
٤٠- باب حرمة مكة
٢٢٢- عن أبي شريح خويلد بن عمرو
الخزاعي العدوي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أنه قال لعمرو بن سعيد بن العاص
- وهو يبعث البعوث إلى مكة-: ائذن لي أيها الأمير أن أحدثك قولا قام به رسول الله
صلى الله عليه وسلم الغد من يوم الفتح، فسمعته أذناي، ووعاه قلبي، وأبصرته عيناي
حين تكلم به، أنه حمد الله، وأثنى عليه، ثم قال: «إن مكة حرمها الله تعالى يوم
خلق السموات والأرض، ولم يحرمها الناس، فلا يحل لامرئ يؤمن بالله واليوم الآخر أن
يسفك بها دما، ولا يعضد بها شجرة، فإن أحد ترخص بقتال رسول الله صلى الله عليه
وسلم فقولوا: إن الله أذن لرسوله ولم يأذن لكم، وإنما أذن لرسوله ساعة من نهار،
وقد عادت حرمتها اليوم كحرمتها بالأمس، فليبلغ الشاهد الغائب».
فقيل لأبي شريح: ما قال لك عمرو؟
قال: قال: أنا أعلم بذلك منك يا أبا شريح، إن الحرم لا يعيذ عاصيا، ولا فارا بدم،
ولا فارا بخربة.
رواه البخاري ومسلم.
الخربة: بالخاء المعجمة، والراء
المهملة، قيل: الخيانة، وقيل: البلية، وقيل: التهمة. وأصلها في سرقة الإبل، قال
الشاعر:
)الخارب
اللص يحب الخاربا(
Dari Abu Syuraih Khawailid
Bin Amr Alkhuja’i Al Adawi Radiyalallahuanhu beliau pernah berkata kepada Amr
Bin Sa’ad Bin Al Ash ketika mengirim pasukan ke Yaman. Berilah izin kepadaku
wahai Amir untuk menceritakan satuperkataan yang pernah diuacapkan oleh
Rasulallah shalallahu’alaihi wasalam . sehari setelah fathul Mekkah , terdengar
oleh dua telingaku , dicernai oleh hatiku dan aku melihat dengan dua mataku
ketika berbicara, beliau memuji dan menyanjung Allah, kemudian berkata : “
Sesungguhnya Mekkah diharamkan oleh Allah Ta’ala pada hari di ciptakannya
langit dan bumi, bukan diharamkan oleh manusia, tyidak halal bagi orang yang
beriman kepada Allah dan hari akhir untuk menumpahkan darah , mencabut
pepohonan, jika ada orang yang membolehkan perang didalamnya, ucapkanlah : “
sesungguhnya Allah mengijinkan kepada rasulnya dan tidak mengijinkannya kepada kalian. Diajarkan kepadaku sesaat
saja, sekarang telah kembali haram seperti kemarin, hendaklah orang yang hadir
menyampaikan kepada yang tidak hadir.” Ditanyakan kepada Abu Syuraih : “ Apa
yang dikatakan Amr kepadamu ? , dia berkata : “ Aku lebih tahu darimu masalah
ini wahai Abu Syuraih, sesungguhnya tanah haram tidak melindungi orang yang
berbuat maksiat atau yang membunuh atau yang melarikan diri dari ...........(
MUTTAFAQUN ‘ALAIH )
٢٢٣- عن عبد الله بن عباس رضي الله
عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم فتح مكة: «لا هجرة بعد الفتح،
ولكن جهاد ونية، وإذا استنفرتم فانفروا».
وقال يوم فتح مكة: «إن هذا البلد
حرمه الله يوم خلق السموات والأرض، فهو حرام بحرمة الله إلى يوم القيامة، وإنه لم
يحل القتال فيه لأحد قبلي، ولم يحل لي إلا ساعة من نهار - وهي ساعتي هذه - فهو
حرام بحرمة الله إلى يوم القيامة، لايعضد شوكه، ولا ينفر صيده، ولا يلتقط لقطته
إلا من عرفها، ولا يختلى خلاه».
فقال العباس: يا رسول الله، إلا
الإذخر، فإنه لقينهم وبيوتهم، فقال: «إلا الإذخر». رواه البخاري ومسلم.
القين: الحداد.
Dari
Abdullah Bin Abbas Radiyallahu’anhuma Rasulallah shalallahu ‘alaihi wasalam
pada saat Fathu Mekkah : “ Tidak ada hijroh setelah Fath, akan tetapi jihad dan
niat. Jika kalian disuruh berjihad penuhilah.” Beliau berkata ketika hari Fath
: “ Negeri ini diharamkan oleh Allah pada hari diciptakanya langit dan bumi
maka dengan pengharaman dari Allah sampai hari kiamat, tidak dihalalkan perang
di Mekkah bagi orang sebelumku dan tidak pula halal bagimu kecuali sesaat waktu
saja. Mekkah itu haram dengan pengharaman dari Allah sampai hari kiamat, tidak
boleh dicabut tanamannya, tidak boleh diusir binatang buruannya, tidak boleh
diambil barang temuannya disana, dan jangan dicabut rerumputannya. Al Abbas
berkata : Ya Rasulallah kecuali idzhir, karena kami dan kubur-kubur mereka,
maka Rasulallah menjawab : “ kecuali idzhir.” MUTTAFAQUN ‘ALAIH.
٤١- باب ما يجوز قتله
٢٢٤- عن عائشة رضي الله عنها:
أن رسول
الله صلى الله عليه وسلم قال: «خمس من
الدواب، كلهن فاسق، يقتلن في الحرم: الغراب، والحدأة، والعقرب، والفأرة، والكلب
العقور».
ولمسلم:
«يقتل خمس
فواسق في الحل والحرم»
الحدأة:
بكسر الحاء وفتح الدال مهموز.
Dari ‘Aisyah Radiyallahuanha, Rasulallah shalallahu
‘alaihi wasalam bersabda : “ Lima
binatang semuanya kotor boleh dibunuh ketika ditanah haram : Elang, Hidah, Kalajengking , Tikus dan Anjing
gila.” Dalam riwayat Muslim , : “ Dibunuh lima
binatang kotor ditanah haram dan yang lainnya.
٤٢- باب دخول مكة وغيره
٢٢٥- عن أنس بن مالك رضي الله عنه: أن رسول
الله صلى الله عليه وسلم دخل مكة عام الفتح وعلى رأسه المغفر، فلما نزعه جاءه رجل
فقال: ابن خطل متعلق بأستار الكعبة. فقال: «اقتلوه».
Dari Anas
Radiyallahu Ta’ala anhu : “ Pada perang Fathi beliau masuk kota Mekkah di
kepalanya ada topi besi, ketika beliau membukanya datanglah seorang yang
berkata : “ Ibu Khattal sedang bergantung di tutup Ka’ba, beliau bersabda : ”
Bunuhlah.” HR. AL JAMA’AH kecuali Ahmad.
٢٢٦- وعن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم دخل مكة من كداء، من الثنية العليا التي
بالبطحاء، وخرج من الثنية السفلى.
Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu Ta’ala Anhuma
Rasulallah masuk kota
Mekkah dari kada melalui Tsaniyyatul’ulya yang adadi Batha dan keluar (pulang )
Tsaniyatus Sufla
٢٢٧- وعن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما قال: دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم البيت وأسامة بن زيد، وبلال، وعثمان
بن طلحة، فأغلقوا عليهم الباب، فلما فتحوا كنت أول من ولج، فلقيت بلالا فسألته: هل
صلى فيه رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ قال: نعم، بين العمودين اليمانيين.
Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu Ta’ala anhuma
Rasulallah shalallahu ‘alaihi wasalam masuk rumah bersama Usamah Bin Zaid,
Bilal dan ‘Utsman Bin Thalhah, mereka menutup pintu, ketika membuka pintu aku
orang yang pertama yang membukanya, aku bertemu dengan Bilal, aku tanyakan
kepadanya apakah Rasulallah shalallahu ‘alaihi wasalam shalat didalamnya ? ,
beliau berkata : “ Ya, diantara dua tiang dan ruknain.” MUTTAFAQUN ‘ALAIH
٢٢٨- عن عمر رضي الله عنه: أنه جاء إلى
الحجر الأسود فقبله، فقال: إني أعلم أنك حجر لا تضر ولا تنفع، ولولا أني رأيت
النبي صلى الله عليه وسلم يقبلك ما قبلتك.
Dari Umar Radiyallahu Ta’ala ’anhu, beliau
mendatangi Hajar Aswad seraya berkata :
“ Aku tahu engkau adalah buta tidak bisa memberikan manfaat dan tidak
mencelakakan orang, kalau aku tidak melihat Rasulallah Shalallahu’alaihi
wasalam menciummu, aku tidak akan menciummu.” HR. AL JAMA’AH
٢٢٩- عن عبد الله ابن عباس رضي الله
عنهما قال: قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم وأصحابه، فقال المشركون: إنه يقدم
عليكم وفد وهنهم حمى يثرب، فأمرهم النبي صلى الله عليه وسلم أن يرملوا الأشواط
الثلاثة، وأن يمشوا ما بين الركنين، ولم يمنعهم أن يرملوا الأشواط كلها إلا
الإبقاء عليهم.
Dari
Abdullah Bin Abbas Radiyallahu Ta’ala ‘anhu, ketika Rasulallah
shalallahu’alaihi wasalam dan para sahabatnya datang, orang musyrikin berkata :
“ Akan datang kepada kalian yang melemahkan mereka hutan Medinah, Nabi
shalallahu’alaihi wasalam menyuruh mengitari tiga kali, yang pertama dengan
berlari kecil, dan berjalan antara dua rukun, beliau tidak melarang mereka
berlari kecil seluruhnya kecuali mendiamkan mereka.” HR. AL JAMA’AH kecuali
Tirmidzi dan Ibnu Majah.
٢٣٠- عن
عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال: رأيت رسول الله صلى الله
عليه وسلم حين يقدم مكة إذا استلم الركن الأسود أول ما يطوف يخب ثلاثة أشواط.
Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu Ta’ala anhuma,
aku melihat Rasulallah shalallahu’alaihi wasalam ketika datang ke Mekkah jika
mengusap Ruknul Aswad, tiga putaran pertama dengan berlari-lari kecil.”
MUTTAFAQUN’ALAIH
٢٣١- عن عبد الله ابن عباس رضي الله
عنهما قال:طاف النبي صلى الله عليه وسلم في حجة الوداع على بعير يستلم الركن
بمحجن.
والمحجن:
عصا محنية الرأس.
Dari Abdullah Bin Abbas Radiyallahu Ta’ala anhuma,
Nabi Shalallahu’alaihi wasalam melakukan Thawaf ketika haji wada’ diatas
Ontanya dan mengusap rukun dengan tongkat.
٢٣٢- عن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما قال: لم أر النبي صلى الله عليه وسلم يستلم من البيت إلا الركنين اليمانيين.
Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu Ta’ala ‘anhu ma, aku
tidak pernah melihat Nabi shalallahu’alaihi wasalam mengusap Ka’bah kecuali dua
rukun yaman. “ HR. AL JAMA’AH kecuali Tirmidzi
٤٣- باب التمتع
٢٣٣- عن أبي جمرة
نصر بن عمران الضبعي، قال:سألت ابن عباس عن المتعة فأمرني بها، وسألته عن الهدي،
فقال: فيها جزور، أو بقرة، أو شاة، أو شرك في دم.
قال: وكأن ناسا كرهوها، فنمت،
فرأيت في المنام كأن إنسانا ينادي: حج مبرور، ومتعة متقبلة، فأتيت ابن عباس،
فحدثته، فقال: الله أكبر، سنة أبي القاسم صلى الله عليه وسلم.
225.
Dari Abi Hmzah Nash Bin Imran Addab’i : “ Aku pernah bertanya
kepada Rasulallah tentang Mut’ah beliau memerintahkannya, aku tanyakan tentang
sembelihan beliau berkata: Onta, Sapi, Kambing atau bersyarikat dalam
menyembelih. Beliau berkata: “Sepertinya manusia tidak senang akan hal itu, aku
lihat dalam mimpi seorang manusia menyeru:”Haji mabrur mut’ah yang diterima.
Aku datangi Ibnu Abbas dan aku ceritakan hal itu kepadanya, beliau berkata: “
Allahu Akbar Sunnah Abil Qasim Shalallahu ‘alaihi wasalam.
٢٣٤- عن عبد الله
ابن عمر رضي الله عنهما قال: تمتع رسول الله صلى الله عليه وسلم في حجة الوداع
بالعمرة إلى الحج، وأهدى، فساق معه الهدي من ذي الحليفة، وبدأ رسول الله صلى الله
عليه وسلم، فأهل بالعمرة، ثم أهل بالحج. فتمتع الناس مع رسول الله صلى الله عليه
وسلم بالعمرة إلى الحج. فكان من الناس من أهدى، فساق الهدي من ذي الحليفة، ومنهم
من لم يهد.
فلما قدم النبي صلى الله عليه
وسلم، قال للناس: (من كان منكم أهدى فإنه لا يحل من شيء حرم منه حتى يقضي حجه، ومن
لم يكن أهدى فليطف بالبيت وبالصفا والمروة، وليقصر وليحلل، ثم ليهل بالحج واليهد،
فمن لم يجد هديا فليصم ثلاثة أيام في الحج، وسبعة إذا رجع إلى أهله).
فطاف رسول الله صلى الله عليه
وسلم حين قدم مكة واستلم الركن أول شيء، ثم خب ثلاثة أطواف من السبع، ومشى أربعة، وركع
حين قضى طوافه بالبيت عند المقام ركعتين، ثم سلم فانصرف فأتى الصفا، فطاف بالصفا
والمروة سبعة أطواف، ثم لم يحلل من شيء حرم منه حتى قضى حجه.
ونحر هديه يوم النحر، وأفاض فطاف
بالبيت، ثم حل من كل شيء حرم منه، وفعل مثل ما فعل رسول الله صلى الله عليه وسلم
من أهدى، فساق الهدي من الناس.
226.
Dari Abdullah Bin Umar Radiyallahu Ta’ala ‘anhuma Rasulallah
shalallahu’alalihi wasalam bertamattu’ ketika hajjatul wada’ dengan
melaksanakan umrah kemudian haji, beliau dibawakan binakan sembelihan maka
beliau membawanya dari dzil hulaifah. Rasulullah memulai haji berihlal dengan
umrah baru haji. Diantara shahabat ada yang membawa binatang sembelihan
sehingga membawanya dari dzil hulaifah dan sebagian lagi tidak. Ketika Nabi
shalalahualaihi wasallam sampai di Mekkah beliau berkata kepada manusia:
“Barang siapa yang telah membawa binatang sembelihan tidak halal baginya
sesuatu yang diharamkan atas yang haji hingga selesai hajinya, barang siapa
yang tidak membawa sembelihan hendaknya thawaf di baitullah dan dishafa dan
Marwa kemudian mencukur rambutnya dan tahallu, kemudian nanti berihlal untuk
haji dan menyembelih korban, barang siapa yang tidak mendapatkan binatang
qurban hendaknya puasa tiga hari waktu haji dan tujuh hari jika sudah kembali
kepada keluarganya”. Perkara pertama yang Rasullah shallahualiahi wasallam
lakukan thawaf ketika sampai di Mekkah dan mengusap rukun, kemudian lari-lari
kecil pada tiga putaran pertama dari tujuh putaran yang dilakukan dan empat
rakaat dengan jalan kaki, setelah selesai thawaf di baitullah beliau shalat di
dekat maqom Ibrahim dua rakaat, kemudian salam dan berpaling untuk mendatangi
shafa beliaupun thawaf atara shafa dan Marwah tujuh kali. Tidak halal apa yang
diharamkan atasnya ketika haji sampai beliau menyelasaikan hajinya. Beliau
menyembelih qurbannya pada tanggal sepuluh dzulhijah kemudian melakukan ifadhah
dengan thawaf. Maka halallah segala sesuatu yang haram atasnya ketika haji. Para shahabat yang menyembelih qurban dan membawa hewan
qurban melakukan seperti yang dilakukan Rasulullah”Riwayat Bukhari
٢٣٥- عن حفصة زوج النبي صلى الله عليه
وسلم أنها قالت: يا رسول الله، ما شأن الناس حلوا من العمرة ولم تحل أنت من عمرتك؟
فقال: «إني لبدت رأسي، وقلدت هديي، فلا أحل حتى أنحر».
Dari
Hafshah radiyallahuanha istri nabi shalalahualaihiwasallam berkata: “Wahai
Rasulullah Mengapa manusia tahallul setelah umrah akan tetapi engkau tidak
tidak tahalllu dari umrahmu? Beliau bersabda: “Aku telah mengikat kepalaku,
membawa qurban , maka aku tidak tahallul sampai menyembelih qurban di sepuluh
dzulhijah”Riwayat Bukhari
٢٣٦- عن عمران بن
حصين رضي الله عنه قال: نزلت آية المتعة في كتاب الله، ففعلناها مع رسول الله صلى
الله عليه وسلم، ولم ينزل قرآن يحرمه، ولم ينه عنها حتى مات، فقال رجل برأيه ما
شاء.
وقال
البخاري: يقال : إنه عمر .
ولمسلم:
نزلت آية
المتعة - يعني متعة الحج، وأمرنا بها رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم لم تنزل
آية تنسخ آية متعة الحج، ولم ينه عنها حتى مات.
ولهما
بمعناه .
227.
Dari Imran bin Khusain radiyallahuanhu: “Ketika turun ayat
mut’ah dalam Al Qur’an kamipun melakukannya bersama Rasulullah, Al Qur’an tidak
diturunkan untuk mengharamkannya dan Rasulullapun tidak melarangnya hingga
meninggal. Kemudian ada orang yang bicara dengan pikirannya sendiri” Bukhari
berkata:”Disebut juga itu adalah Umar. Dalam riwayat Muslim Turun ayat mut’ah
_yakni mut’ah ketika haji- Rasulullahpun menyurh kami melakukannya, kemudian
tidak ada satu ayatpun turun yang menghapus ayat mut’ah ketika haji,
Rasulullahpun tidak melarangnya hingga meninggal, …..”Riwayat Bukhari
٤٤- باب الهدي
٢٣٧- عن عائشة رضي الله عنها قالت: فتلت
قلائد هدي النبي صلى الله عليه وسلم، ثم أشعرها وقلدها - أو قلدتها - ثم بعث بها إلى
البيت، وأقام بالمدينة، فما حرم عليه شيء كان له حلا.
228.
Dari Aisyah radiyallahuanha:aku memintal kalung untuk hewan
kurban rosululloh, kemudian beliau menandaunya dan mengalunginya –(aku
mengaluninya)-.kemudian beliau mengirimnya ke baitulloh dan beliau tetap
tinggal di madinah.tidak ada satu perkara halalpun yang haram atas beliau
ketika mengirim hewan kurban tersebut.
٢٣٨- وعن عائشة رضي الله عنها قالت: أهدى
النبي صلى الله عليه وسلم مرة غنما.
229.
Dari Aisyah
radiyallahuanhu: Rosululloh pernah berkurban dengan seekor kambing
٢٣٩- عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن
نبي الله صلى الله عليه وسلم رأى رجلا يسوق بدنة، قال: (اركبها)، قال: إنها بدنة،
قال: (اركبها). قال: فرأيته راكبها يساير النبي صلى الله عليه وسلم.
وفي
لفظ: قال في الثانية أو الثالثة: (اركبها، ويلك) أو (ويحك).
230.
Dari Abu hurairoh radiallohuanhu: Rosululloh pernah melihat
seseorrang yang menuntun onta. Beliau berkata:Naikilah.orang tersebut berkata ini adalah onta untuk
kurban. Belliaun berkata:Tunggangilah. (aku melihat yang menunggangi onta
teersebut berjalan berdampingan dengan nabi. Dalam satu lafadz: Beliau berkata
dikali kedua atau ketiga: Naikilah, wailak atau waihak
٢٤٠- عن علي بن أبي طالب رضي الله
عنه قال: أمرني النبي صلى الله عليه وسلم أن أقوم على بدنه، وأن أتصدق بلحمها
وجلودها وأجلتها. وأن لا أعطي الجزار منها شيئا، وقال: (نحن نعطيه من عندنا).
Dari Ali
bin abi Tholib: Nabi memerintahkanku untuk mengurus
0-
عن زياد بن جبير قال: رأيت ابن
عمر قد أتى على رجل قد أناخ بدنته فنحرها، فقال: ابعثها قياما مقيدة، سنة محمد صلى
الله عليه وسلم.
Dari Ziyad bin
Jubair: Aku melihat ibnu Umar seorang yang tengah membaringkan untanya untuk
disembelih.Beliau berkata: Lepaskan dalam keadaan berdiri dan terikat, sunah
Muhamad sholallohu 'alaihi wasallam
٤٥- باب الغسل للمحرم
٢٤٢- عن عبد الله
بن حنين، أن عبد الله بن العباس والمسور بن مخرمة اختلفا بالأبواء، فقال عبد الله
بن عباس: يغسل المحرم رأسه، وقال المسور: لا يغسل المحرم رأسه.
قال: فأرسلني ابن عباس إلى أبي
أيوب الأنصاري فوجدته يغتسل بين القرنين وهو يستر بثوب فسلمت عليه فقال: من هذا؟
فقلت: أنا عبد الله بن حنين أرسلني إليك ابن عباس يسألك كيف كان رسول الله صلى
الله عليه وسلم يغسل رأسه وهو محرم؟ فوضع أبو أيوب يده على الثوب فطأطأه حتى بدا
لي رأسه، ثم قال لإنسان يصب عليه الماء : اصبب، فصب على رأسه، ثم حرك رأسه بيديه
فأقبل بهما وأدبر، ثم قال: هكذا رأيته صلى الله عليه وسلم، يفعل.
وفي رواية: فقال المسور لابن
عباس: لا أماريك أبدا.
القرنان: العمودان اللذان تشد
فيهما الخشبة التي تعلق عليه البكرة.
Dari Abdulloh bin
Hunain: Abdulloh bin Abbas dan Abdulloh bin Mahromah berselisih di Abwa. Ibnu
Abas berkata: Seorang muhrim boleh mencuci kepalanya. Abdulloh bin Mahromah
menyaakan: Muhrim tidak boleh mencuci kepalanya.
Beliau berkata:
Maka Ibnu Abbas mengutusku untuk bertanya kepada Abu ayub, aku mendapapatinya
sedang mandi diantara dua tiang tertutup kain.
Aku katakan: Aku
adalah Abdulloh bin Hunain, Ibnu Abas mengutusku untuk bertanya bagaimana
Rosululloh mencuci kepalanya ketika ihrom? Abu Ayub meletakkan tangannya dikain
hingga kelihatan olehku kepalanya, kemuadian berkata kepada orang yang
mengguyurkan air untuknya: Guyurlah. Kemudian menyela-nyela rambut kepalanya
dengan dua tanannya kedepan belakang.kemudian berkata: Beginilah aku melihat
Rosululloh berbuat.
Dalam satu riwayat
Abdulloh bin Mahromah berkata kepada ibnu Abas: Aku tak akan mendebatmu
selamanya.
٤٦- باب فسخ الحج إلى العمرة
٢٤٣- عن جابر بن عبد الله رضي الله
عنهما قال: أهل النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه بالحج، وليس مع أحد منهم هدي غير
النبي صلى الله عليه وسلم وطلحة، وقدم علي رضي الله عنه من اليمن فقال: أهللت بما
أهل به النبي صلى الله عليه وسلم، فأمر النبي صلى الله عليه وسلم أصحابه أن
يجعلوها عمرة فيطوفوا ثم يقصروا ويحلوا إلا من كان معه الهدي، فقالوا: ننطلق إلى
منى وذكر أحدنا يقطر، فبلغ ذلك النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: (لو استقبلت من
أمري ما استدبرت ما أهديت، ولولا أن معي الهدي لأحللت). وحاضت عائشة فنسكت المناسك
كلها غير أنها لم تطف بالبيت، فلما طهرت طافت بالبيت قالت: يا رسول الله، تنطلقون
بحجة وعمرة وأنطلق بحج؟ فأمر عبد الرحمن بن أبي بكر أن يخرج معها إلى التنعيم،
فاعتمرت بعد الحج.
٢٤٤- وعن جابر قال: قدمنا
مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن نقول: لبيك بالحج، فأمرنا رسول الله صلى
الله عليه وسلم، فجعلناها عمرة.
Dari Jabir
rodiyallohuanhu: Kami datang bersama Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam
dengan berkata: Labbaik bil hajji.kemudian Rosululloh memerintahkan kami untuk
menjadikannya umroh.
٢٤٥- عن عبد الله بن عباس رضي الله
عنهما قال: قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم وأصحابه صبيحة رابعة، فأمرهم أن
يجعلوها عمرة، فقالوا: يا رسول الله، أي الحل؟ قال: (حل كله).
Dari Abdulloh bin
Abas rodiyallohuanhu : Rosululloh dan shohabatnya datang pagi hari tanggal
empat dzulhijjah. Kemudian Rosululloh memerintahkan untuk menjadikannya
umroh.mereka berkata: Ya Rosululloh apakah yang halal?beliau berkata:Halal
semuanya
٢٤٦- عن عروة بن
الزبير قال: سئل أسامة بن زيد وأنا جالس: كيف كان رسول الله صلى الله عليه وسلم
يسير حين دفع؟ قال: كان يسير العنق، فإذا وجد فجوة نص.
العنق:
انبساط السير، والنص : فوق ذلك .
Dari Urwah bin
Jubair: Usamah ditanya ketia itu aku sedang duduk: Bagaimana berjalannya
Rosululloh ketika pulang berjalan menuju muzdalifah?:Beliau berjalan dengan
pelan jika mendapati celah berjalan dengan cepat
٢٤٧- عن عبد الله بن عمرو رضي الله
عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم وقف في حجة الوداع، فجعلوا يسألونه، فقال
رجل: لم أشعر، فحلقت قبل أن أذبح، قال: (اذبح ولا حرج). وجاء آخر فقال: لم أشعر،
فنحرت قبل أن أرمي، قال: (ارم ولا حرج) فما سئل يومئذ عن شيء قدم ولا أخر إلا قال:
(افعل ولا حرج).
Dari Abdulloh bin
Amr rodiyallohuanhu: Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam melakukan wukuf di
haji wada’,merekapun bertanya kepadanya.Ada seorang berkata: Aku tidak sadar,
aku telah cukur rambut sebelum menyembelih, beliau jawab: Sembelihlah tidak
mengapa.datang yang lainnya:Aku tidak sadar telah menyembelih sebelum melempar
jumroh, beliau berkata: Lemparlah jumroh, tidak mengapa.tidak beliau ditanya
ketika itu tentang sesuatu yang didulukan atau diakhirkan kecuali
berkata:Lakukan tidak ada dosa atasmua
٢٤٨- عن عبد الرحمن بن يزيد النخعي:
أنه حج مع ابن مسعود، فرآه يرمي الجمرة الكبرى بسبع حصيات، فجعل البيت عن يساره،
ومنى عن يمينه، ثم قال: هذا مقام الذي أنزلت عليه سورة البقرة صلى الله عليه وسلم.
Dari Abdurahman
bin Yazid An Nakho’i: beliau haji bersama Ibnu Mas’ud.beliau melihatnya
melempar jumroh kubro dengan tujuh batu kecil, menjadikan ka’bah di sebelah
kirinya dan Mina di debelah kanannya.kemudian berkata: Ini adalah tempat
diturunkann suatat AlBaqoroh kepada Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam
٢٤٩- عن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (اللهم ارحم المحلقين) قالوا: والمقصرين
يا رسول الله ؟ قال: (اللهم ارحم المحلقين) قالوا: والمقصرين يا رسول الله ؟ قال: (والمقصرين).
Dari Abdulloh bin
Umar rodiyallohuanhu, Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam berkata: Ya Alloh
rahmatilah orang yang menggunduli rambutnya.pera shohabat berkata: Yang
memendekannya juga ya Rosululloh.beliau berkata: Ya Alloh rahmatilah orang yang
menggunduli rambutnya.mereka berkata: Yang memendekannya juga ya Rosullulloh,
beliaupun berkata: Dan orang-orang yang memendekan rambutnya
٢٥٠- عن عائشة رضي الله عنها قالت: حججنا
مع النبي صلى الله عليه وسلم، فأفضنا يوم النحر، فحاضت صفية، فأراد النبي صلى الله
عليه وسلم منها ما يريد الرجل من أهله، فقلت: يا رسول الله ! إنها حائض، قال: (أحابستنا
هي ؟ ) قالوا: يا رسول الله، أفاضت يوم النحر. قال: (اخرجوا).
وفي
لفظ : قال النبي
صلى الله عليه وسلم: (عقرى حلقى، أطافت يوم النحر ؟ ). قيل: نعم. قال: (فانفري).
Dari Aisyah rodiyallohuanhu:
Kami melakukan haji bersama Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam, ketika kami
melakukan thowaf ifadhoh, Shofiyah kedatangan haid, Rosululloh menginginkan
darinya apa yang dinginkan suami dari istrinya.aku katakan: Wahai
Rosululloh!dia sedang haid,beliau berkta:Apakah dia akan menahan kita?mereka
berkata:Dia telah melakukan towaf ifadhoh ditanggal sepuluh.Beliaupun
berkata:Keluarlah kalian (Yakni menuju Mina)
Dalam lafadz lain
Rosululloh berkata: “Aqro halqo, apakah dia telah thowaf di yaumanahr?Dikatakan
kepada beliau:Ya (dia telah melakukannya) beliau berkata: Berangkatlah engkau
٢٥١- عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: أمر
الناس أن يكون آخر عهدهم بالبيت، إلا أنه خفف عن المرأة الحائض.
Dari Ibnu Abbas
rodiyallohuanhu :Manusia dipentahkan untuk menjadikan akhir manasik mereka di
baitulloh (yakni thowaf wada’), hanya saja wanita yang haid dapat keringanan
٢٥٢- عن عبد الله بن عمر رضي الله
عنهما قال: استأذن العباس بن عبد المطلب رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يبيت
بمكة ليالي منى من أجل سقايته، فأذن له.
Dari Abdulloh bin
Umar rodiyallohuanhu : Al abas minta ijin kepada Rosululloh untuk bermalam di
Mekah dimalam-malam yang seharusnya bermalam di Mina karena tugasnya mengurusi
masalah air, maka Rosululloh mengijinkannya
٢٥٣- وعنه قال: جمع النبي صلى الله عليه
وسلم بين المغرب والعشاء بجمع، لكل واحدة منهما بإقامة، ولم يسبح بينهما، ولا على
إثر واحدة منهما.
Dari Abdulloh bin
Umar: Nabi sholallohu 'alaihi wasallam menjama’ antara sholat maghrib dan isya
di Muzdalifah.setiap sholat dikumandangkan iqomah.tidak melakukan shlat sunah
diantara keduanya atau setelahnya
٤٧- باب المحرم يأكل من صيد الحلال
Bab Seorang muhrim memakan buruan
orang yang tidak ihrom
٢٥٤- عن أبي قتادة
الأنصاري رضي الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج حاجا فخرجوا معه،
فصرف طائفة منهم فيهم أبو قتادة وقال: (خذوا ساحل البحر حتى نلتقي). فأخذوا ساحل
البحر، فلما انصرفوا أحرموا كلهم، إلا أبا قتادة، فلم يحرم فبينما هم يسيرون، إذ
رأوا حمر وحش، فحمل أبو قتادة على الحمر، فعقر منها أتانا، فنزلنا فأكلنا من
لحمها، ثم قلنا: أنأكل لحم صيد ونحن محرمون؟ فحملنا ما بقي من لحمها، فأدركنا رسول
الله صلى الله عليه وسلم، فسألناه عن ذلك،
قال: (منكم أحد أمره أن يحمل عليها، أو أشار إليها؟). قالوا: لا. قال: (فكلوا ما
بقي من لحمها).
وفي
رواية: فقال : (هل معكم منه شيء؟). فقلت: نعم: فناولته العضد، فأكلها.
٢٥٥- عن الصعب بن جثامة الليثي: أنه
أهدى إلى النبي صلى الله عليه وسلم حمارا وحشيا وهو بالأبواء - أو بودان - فرده
عليه. فلما رأى ما في وجهه قال: (إنا لم نرده عليك إلا أنا حرم).
وفي
لفظ لمسلم: رجل حمار. وفي لفظ: شق حمار. وفي لفظ: عجز حمار.
وجه
هذا الحديث: أنه ظن أنه صيد لأجله، والمحرم لا يأكل ما صيد لأجله.
Dari Sho’b bib
Jasamah Al Laitsi: Beliau memberi hadiah kepada Rosululloh keledai hutan ketika
beliau ada di Abwa – atau di Wadan-
beliau menolaknya.ketika beliau melihat (perubahan raut) wajahnya, beliau
berkata: Kami tidaklah menolaknya
kecuali dikerankan kami sedang ihrom
Dalam lafadz
Muslim: kaki keledai.Dalam satu lafadz: bagian iga himar. Dalam lafadz
lain:bagian belakang keledai
Sisi pendalilan
hadits ini: beliau mengira orang tersebut berburu untuknya, orang yang sedang
ihrom tidak boleh memakan daging hewan buruan yang di buru untuknya