KITAB JANAIZ DARI UMDATUL AHKAM
KARYA
SYAIKH ABDUL GHANI ALMAQDISI
PENERJEMAH
ABDURAHMAN MUBARAK BIN ATA
PENERBIT ALMUBARAK
KITAB JANAIZ
١- باب في الصلاة على الغائب وعلى القبر
١٥٢- عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: نعى
النبي صلى الله عليه وسلم النجاشي في اليوم الذي مات فيه، وخرج إلى المصلى، فصف بهم
وكبر أربعا. رواه البخاري ومسلم.
Artinya: Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu: Nabi
Shalallahu’alaihi wasalam mengabarkan kabar kematian Najasi dihari kematiannya.
Rasulallah keluar menuju mushalla, beliau bershaf dengan para sahabat dan
takbirnya 4 kali. HR. Al Jama’ah.
١٥٣- عن جابر رضي الله عنه: أن النبي صلى
الله عليه وسلم صلى على النجاشي، فكنت في الصف الثاني أو الثالث. رواه البخاري.
Dari JabirRadiyallahu’anhu: Bahwa Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalam menyalati Najasyi: “ Ketika itu aku berada di shaf
kedua atau ketiga
١٥٤- عن ابن عباس رضي الله عنهما: أن النبي
صلى الله عليه وسلم صلى على قبر بعد ما دفن، فكبر عليه أربعا. رواه ومسلم.
Artinya:
Dari Ibnu Abbas Radiyallahu’anhuma: Nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam shalat
diatas kuburan setelah mayatnya dikubur, beliau takbir 4 kali.
٢- باب في الكفن
١٥٥- عن عائشة رَضِيَ اللهُ عَنْها: أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم كفن في ثلاث أثواب يمانية بيض سحولية، ليس فيها قميص
ولا عمامة. رواه البخاري واللفظ له، ومسلم.
Artinya:
Dari Aisyah Radiyallahu’anha: Rasulallahu’alaihi wasalam dikafani dengan kain
kafan putih Yaman, tidak ada padanya gamis ataupun imamah. HR. Al Jama’ah.
٣- باب في صفة تغسيل الميت، وتشييع الجنازة
١٥٦- عن أم عطية الأنصارية قالت: دخل
علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم حين توفيت ابنته زينب، فقال: «اغسلنها
ثلاثا، أو خمسا، أو أكثر من ذلك - إن رأيتن ذلك - بماء وسدر، واجعلن في الآخرة
كافورا - أو شيئا من كافور -، فإذا فرغتن فآذننى». فلما فرغنا آذناه، فأعطانا
حقوه، فقال: «أشعرنها إياه» - يعني إزاره -. رواه البخاري ومسلم.
وفي رواية البخاري
ومسلم:
«أو
سبعا»،
وقال: «ابدأن
بميامنها ومواضع الوضوء منها». وأن أم عطية قالت:
وجعلنا رأسها ثلاثة قرون.
Arinya:
Dari Athiyah Al Anshari : Nabi Shalallahu’alaihi wasalam masuk mencari kami,
ketika putrinya Zainab wafat. Beliau bersabda : “Mandikanlah 3 kali, 5 kaliatau
lebih. Jika kalian anggap perlu gunakanlah daun bidara dan jadikanlah pada
cucian yang terakhir kapur barus atau sedikit dari kapur barus. Jika telah
selesai kabarilah aku “. Ketika kami selesai memandikan beliau melemparkan kain
sarungnya kepada kami seraya berkata : “Bebutlah dia dengan kain sarung ini”.
Dalam satu riwayat : “Atau mandikan 7 kali”. Dan berkata : “Mulailah dari bagian
badannya yang sebelah kanan dan anggota-anggota wudhunya”. Ummu Athiyah juga
berkata : “kami jadikan rambutnya tiga ikatan. HR. Al Jama’ah.
١٥٧- عن عبد الله بن عباس رضي الله
عنهما قال: بينما رجل واقف بعرفة إذ وقع عن راحلته فوقصته – أو قال: فأوقصته -،
قفال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «اغسلوه بماء وسذر، وكفنوه في ثوبين، ولا
تحنطوه، ولا تخمروا رأسه، فإنه يبعث يوم القيامة ملبيا». رواه البخاري ومسلم.
وفي رواية: «ولا
تخمروا وجهه ولا رأسه».
قال المصنف رضي الله عنه: الوقص:
كسر العنق.
Artinya:
Dari Abdullah Bin Abbas Radiyallahu’anhuma : Ketika seorang sahabat wuquf di
‘Arafah tiba-tiba dia terjatuh dari kendaraannya hingga wafat, maka Rasulallah
Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : “Mandikanlah dia dengan air dan daun
bidara dan kafankanlah didua bajunya, janganlah kalian meminyakinya (memberi
wewangian)dan jangan ditutup dengan kain lain, karena dia akan dibangkitkan
pada hari kiamat dalam keadaan bertalbiya”. HR. Al Jama’ah. Beliau berkata :
“Al Waqsa” patah lehernya.
١٥٨- عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن
النبي صلى الله عليه وسلم قال: «أسرعوا بالجنازة، فإن تك صالحة فخير تقدمونها
إليه، وإن تك سوى ذلك فشر تضعونه عن رقابكم». رواه البخاري ومسلم.
Artinya:
Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu: Nabi Shalallahu’alaihi wasalam pernah
bersabda: “Cepatlah dalam mengantarkan/membawa jenazah, karena kalau jenazah
itu baik berarti kalian membawanya kepada kebaikkan dan kalau mayat itu jelek
berarti kalian segera meletakkannya dari leher kalian”.
١٥٩- عن أم عطية
الأنصارية رَضِيَ اللهُ عَنْها قالت: نهينا عن اتباع الجنائز، ولم يعزم علينا. رواه
البخاري ومسلم.
Artinya:
Dari Ummu Athiyah Al Anshari : “Kami dilarang mengiringi jenazah tapi tidak
dengan larangan yang keras.
٤- باب في موقف الإمام من الميت
١٦٠- عن سمرة بن
جندب رَضِيَ اللهُ عَنْه قال: صليت وراء رسول الله صلى الله عليه وسلم على امرأة
ماتت في نفاسها، فقام وسطها. رواه البخاري ومسلم.
Artinya:
Dari Samarah Bin Jundab Radiyallahu’anhu : “Aku pernah shalat dibelakang
Rasulallah Shalallahu’alaihi wasalam ketika menyalati wanita yang wafat karena
melahirkan, beliaupaun shalat setentang perutnya.
٥- باب في تحريم التسخط بالفعل والقول
١٦١- عن أبي موسى
عبد الله بن قيس رَضِيَ اللهُ عَنْه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم برئ من
الصالقة، والحالقة، والشاقة. رواه البخاري ومسلم.
قال المصنف: الصالقة:
التي ترفع صوتها عند المصيبة.
Artinya: Dari Abi Musa Bin Qais radiyallahu’anhu:
Sesungguhnya Rasulallahu Shalallahu’alaihi wasalam berlepas diri dari
“Ashaliqah, Alhaliqah dan Asyasyaqah”. Beliau berkata : “Ashaliqah adalah
menjerit-jerit ketika terkena musibah.
١٦٢- عن عبدالله بن مسعود رَضِيَ اللهُ
عَنْه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «ليس منا من ضرب الخدود، وشق الجيوب،
ودعا بدعوى الجاهلية». رواه البخاري ومسلم.
Artinya: Dari Abdullah Bin Mas’ud Radiyallahu’anhu: Nabi
Shalallahu’alaihi wasallam pernah bersabda: “Bukanlah dari golongan kami orang
yang menempeleng pipi, merobek bajunya, dan berteriak dengan teriakan seperti
orang-orang jahiliyyah”.
١٦٣- عن عائشة رضي الله عنها قالت: لما
اشتكى النبي صلى الله عليه وسلم ذكر بعض نسائه كنيسة رأتها بأرض الحبشة يقال لها:
مارية، وكانت أم سلمة وأم حبيبة أتتا أرض الحبشة، فذكرتا من حسنها وتصاوير فيها،
فرفع رأسه وقال: «أولئك إذا مات فيهم الرجل الصالح بنوا على قبره مسجدا، ثم
صوروا فيه تلك الصور، أولئك شرار الخلق عند الله». رواه البخاري ومسلم.
Artinya:
Dari Aisyah radiyallahu’anha: Ketika Nabi Shalallahu’alaihi wasalam sakit
sebagian istrinya bercerita bahwa dia pernah melihat di negeri Habasyah sebuah
gereja yang dinamai Mariyah. Ummu Salamah dan Ummu Habibah memang pernah datang
ke negeri Habasyah keduanya menceritakan bagusnya gereja yang ada di dalamnya.
Maka Rasulallah Shalallahu’alaihi wasallam mendongakan kepalanya seraya
berkata: “Mereka, jika mati salah seorang yang sholeh diantara mereka mati,
bersegera membangun diatas kuburannya masjid, kemudian menggambar gambar mereka
dibangunan tersebut, mereka adalah makhluk-makhluk yang paling jelek disisi
Allah”.
١٦٤- عن عائشة رضي الله عنها قالت: قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم في مرضه الذي لم يقم منه: «لعن الله اليهود
والنصارى، اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد».
قالت: ولو لا ذلك
لأبرز قبره، غير أنه خشي أن يتخذ مسجدا. رواه البخاري ومسلم.
Artinya:
Dari Aisyah radiyallahu’anha: Rasulullahu Shalallahu’alaihi wasalam pernah
berkata dalam sakitnya yang mengantarkannya kepada wafat: “Allah melaknat
Yahudi dan Nashara karena mereka menjadikan kuburan Nabi mereka sebagai
masjid”. Aisyah berkata: “Kalaulah Rasulullah tidak berkata demikian niscaya
kuburannya akan ditampakkan, akan tetapi ditakutkan akan dijadikan masjid.
١٦٥- عن أبي هريرة رضي الله عنه قال:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من شهد الجنازة حتى يصلى عليها فله قيراط،
ومن شهدها حتى تدفن فله قيراطان». قيل: وما القيراطان؟ قال: «مثل الجبلين
العظيمين». رواه البخاري ومسلم.
Dari Abu Hurairah radiyallahu’anhu: Rasulullohu
Shallallahu’alaihi Wasalam pernah bersabda: “Barangsiapa yang menghadiri
jenazah hingga menyalatkannya, maka baginya satu qirat. Barangsiapa
menghadirinya hingga dikuburkan maka baginya dua qirat”. Ditanyakan kepada
Rasululloh: “Apa dua qirat itu ya
Rasulallah? . Beliau bersabda : “Seperti dua
gunung yang besar”. Dalam riwayat Muslim: “Yang paling kecilnya seperti
gunung uhud”.